Mendadak Gede

Tidak disangka. Baru beberapa menit sebelum saya menuliskan tulisan ini, juga beberapa menit setelah teman saya mengabarkan kelahiran putrinya – semoga jadi anak sholehah, bermanfaat bagi agama bangsa dan negara. Tiba-tiba seorang teman memperlihatkan video baru dari anak-anak baru. Mungkin sekitar lima anak atau berapalah anaknya. Bernyanyi lincah tentang hati, tentang cinta? Ya a a , tentang cinta.

Lucu? Bagi beberapa orang memang akan sangat lucu mungkin. Ketika ada anak-anak sekitar berumur kelas 6 atau berapalah sudah berbicara masalah cinta atau apalah artinya. Tentang bidadari yang singgah di kegersangan hati. Tentang bidadari dari langit yang kemudian lelah, yang kemudian sekadar mampir di hati seorang anak-anak dengan gaya aduhai.

Aneh? Bagi beberapa orang akan sangat aneh.

Waspada? Bagi beberapa orang akan mewaspadai tentunya. Dan bagi teman saya yang putri kecil nya, baru lahir. Dan baru beberapa menit yang lain bertanya tentang bagusnya nama untuk putri kecilnya. Selayaknya waspada, kenapa eh kenapa, karena eh karena, sungguh sangat mengagetkan baru beberapa tahun bisa bicara, yang dinyanyikan malah lagu cinta dan cinta. Tentang kegersangan hati dan kegersangan rasa. Ah mengenaskan.

Tiba-tiba saja saya teringat beberapa anak di desa saya. Mereka disebut primus. Kalau senja menjelma mereka menghampiri dari satu rumah ke rumah teman lainnya. Hal sama akan terjadi ketika menjelang senja, setelah fajar tiba, ketika matahari manunjukkan gagahnya, ketika matahari mulai agak mereda, atau ketika senja sudah menjelma menjadi kelamnya malam. Dan seperti biasanya, berkalung sarung, naik sepeda kecil mereka, dan bergegas menuju masjid terdekat. Semoga saja Allah senantiasa menjaga kita semua.

Ah sungguh menenangkan.

NB : Buat seorang teman yang putri kecilnya baru menapaki hidup di dunia, semoga mampu menjadi orang tua yang amanah. Dan sang putri menjadi anak sholehah, bermanfaat bagi agama bangsa dan negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *