Mati Tanpa Inovasi

Hari ini twitter akan merilis aplikasi versi terbaru mereka.

Percayalah saya tidak juga terlalu eksis di twitter, pun juga di plurk, di quora, apalagi di facebook.

Rilis pemberitahuan dari adanya inovasi terbaru twitter bisa njenengan lihat di sini

Inovasi jelasnya, bagaimanapun aplikasi tersebut terlanjur muncul dan kita terlanjur menggunakan aplikasi tersebut. Tuntutan, sebuah kepastian dari sebuah sifat konsumen. Selalu menuntut adanya perubahan dan perbaikan yang disebut dengan inovasi itu sendiri.

Microsoft Windows pun berinovasi tiada henti, mulai dari Windows 1.0 di tahun 1985 hingga sekarang Windows 7 dan akan segera berangsur menuju ke Windows 8 yang masih dalam taraf perencanaan (wikipedia), contoh bagaimana sifat menuntut yang dilakukan oleh pasar dan konsumen kepada semua produk yang ada.

Facebook dulu pada awal mulanya tentu tidak ‘segemuk’ sekarang dalam hal aplikasi. Sebagai ‘korban’ dari rakusnya pasar dalam menuntut, aplikasi-aplikasi baru ditambahkan. Dan seiring bertambahnya waktu tentu akan semakin gemuk dan semakin gemuk saja aplikasi yang tertanam di platform facebook itu sendiri.

Dan masih akan terus banyak lagi tentunya, dari mulai wordpress yang senantiasa mengeluarkan rilis baru, plurk yang sekarang sudah terdapat fitur untuk melakukan chat, ubuntu yang juga setiap 6 bulan sekali mengeluarkan rilis baru. Inovasi, semua bergerak untuk inovasi supaya tetap bisa berdiri di mata pasar.

Kadang itu juga lah yang menjadikan para pemula dalam industri kreatif ini lebih memilih ‘berkalung handuk’ dan mengurungkan niat. Karena melihat aplikasi yang ada sudah begitu komplitnya, seudah begitu luar biasanya, sehingga bagaikan memberikan aba-aba bulu kuduk untuk serentak berdiri. Melihat bagaimana rakusnya pasar.

Tapi tentu saja, seperti yang njenengan pikirkan dan pahami semuanya di balik semua inovasi dan kemajuan yang ada tentu ada yang disebut langkah pertama untuk memulai. Seperti Windows yang pada awalnya memulai langkah pertama dengan membuat perjanjian dengan investor tentang program Dos yang bahkan belum pernah ditulis sebelumnya.

One step leads to another, tentu saja.

Dan pada saatnya kalau pasar sudah terbentuk, maka tiada kata lain untuk tetap eksis, untuk tetap berkibar yakni : inovasi, inovasi dan inovasi.

2 pemikiran pada “Mati Tanpa Inovasi

  1. @kukuh : yuk mari, jadi inget film tadi siang judulnya queen bee, yang menyatakan bahwa pak sukarno pernah mengatakan, “Berikan Aku 10 Pemuda maka akan kuguncang dunia” … 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *