Jangan Mengganggu Ya Nak

Rafif anak kecil saya berumur 8 bulan lebih. Lebih beberapa hari, beberapa minggu. Biasanya rafif tidur sekitar pukul 8 malam, jika malam tiba. Dengan beberapa prosesi menjelang tidur tentunya.
Malam hari inilah fase tidur panjang baginya. Meraup anugrah malam dari sang Pencipta, kemudian menyebarkan kegembiraan pagi sesudahnya. Bagi kami orangtua, juga lingkugannya.

Namun namanya juga malam, dia menyimpan banyak misteri di dalamnya. Misteri kegelapan yang di simpannya. Misteri suasana yang disembunyikannya. Dan tentu saja, misteri tentang alasan banyaknya orang membunyikan petasan. Ya ya ya…malam hari seingat saya lebih banyak orang yang membunyikan petasan. Daripada pagi apalagi siang.

Kenapa dipilih malam untuk membunyikan petasan, atau entah apa namanya. Yang jelas dia bersuara, suara nan begitu mengagetkan jiwa dan mengikutkan raga. Mungkin eh mungkin dipilih malam karena ya itu tadi, malam memang menyimpan misteri dan ‘eksotiknya’ sendiri.

Jadilah kini, dar der dor. Cetar ceter cetor. Duar duer duor. Kuar kuer kuor. Sang pemantik petasan mungkin senang bukan kepalang. Melihat mainannya ada yang membumbung tinggi mendekati bulan, kemudian menyala dan bersuara. Senang mainannya bisa terlempar jauh dan bersuara senyaring nyaringnya.

Tapi inilah cerita penduduk bumi lainnya -Karena kita masih penduduk di bumi yang sama. Walaupun tujuan petasan ada yang ke bulan. Tapi eh tapi, suaranya ternyata masih tertinggal barang beberapa di bumi. Dan menakjubkannya, masih banyak juga penduduk bumi itu ada. Dan kami mendengarkan, dan kami terkagetkan, dan kami harus menenangkan anak kami yang terbangunkan: karena petasan.

Dan izinkan selanjutnya saya ikut berpesan pada rafif anak saya untuk jangan mengganggu orang lain, muslim yang baik adalah di mana muslim lain selamat dari lisan dan tangannya.

Jangan mengganggu orang. Salam satu jiwa, salam revolusi mental.

Gambar: tribunnews.com

direvisi : 29/07/2014 dengan revisi secukupnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *