IHCAKEP – Indeks Hasil Capaian Ke-akhlaq-an Peserta didik

Pada masa kuliah saya baru mengenal yang namanya EDOM. EDOM merupakan kepanjangan dari Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa. Kinerja dosen dalam perkuliahan dinilai oleh mahasiswa. Parameternya beragam, bisa soal kedatangan, bisa soal pemberian nilai dan sebagainya. EDOM di suatu kampus, bisa juga disebut IKD (Indeks Kinerja Dosen) di kampus yang lain.

Pada masa setelah kuliah, kawan saya yang bekerja di Instansi Pemerintahan pernah bercerita tentang CKH. Catatan Kinerja Harian. 

CKH berisikan kerja-kerja yang dilakukan seseorang dalam satu harinya. Sehingga jikalau seorang sebut saja Teknik Sipil bekerja, misalnya membuat tembok, maka proses pembuatan tembok perlu dituliskan langkah per langkah, jika ingin CKH banyak. Atau bisa juga opsi yang lain, dengan konsekuensi yang lain, langsung disebut membuat tembok.

***

Kawan saya yang berprofesi sebagai seorang guru SD bercerita pada saya. Ada tugas tambahan untuk mengenali potensi anak per-anak.

Tidak semisal nilai akademik saja, tapi perilaku dan bakat juga perlu dipetakan. Dan dinilai tentu saja.

Menarik sepertinya jika hal tersebut diterapkan di Kampus-kampus yang kita miliki.

Demo Di Suatu Kampus di Yogyakarta

Kita sebut saja dengan IHCAKEP – Indeks Hasil Capaian Ke-akhlaqan Peserta didik

Siapa yang dinilai?

Tentu saja peserta didik. Dalam hal ini adalah mahasiswa.

Siapa yang menilai?

Yang berinteraksi dengan mahasiswa. Tidak cuma dosen tentu saja. Ada kalanya dengan dosen baik, tetapi dengan tenaga kependidikan (staff) sikap baiknya masih sangat bisa ditingkatkan.

Apa Konsekuensi nya?

Tidak akan berpengaruh pada nilai akademik mahasiswa. Tidak akan berpengaruh. Namun akan melekat pada nilai yang dibawa. Berisikan indeks nilai akhlaq seorang Mahasiswa.

Bisa berada di atas nilai akademik, atau di bawah nilai akademik. Tapi akan terus mengikuti kemana nilai akademik dibawa.

***

Apakah tenaga kependidikan (staff) kemudian tidak dinilai? Semestinya juga sama.

Hanya semacam pikiran acak.

Satu pemikiran pada “IHCAKEP – Indeks Hasil Capaian Ke-akhlaq-an Peserta didik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *