Feeder PDDIKTI. Sekilas.

Feeder PDDIKTI merupakan aplikasi yang diperuntukkan untuk melakukan pelaporan data akademik. Aplikasi ini cukup memudahkan. Sebelumnya untuk proses pelaporan, data yang dikirim adalah dengan menggunakan jalur FTP. Akan tetapi dengan adanya aplikasi ini, pelaporan bisa dengan mudah dilakukan, dari tiap perguruan tinggi yang menggunakannya.

Aplikasi Feeder ini bisa dirujuk di laman dikti yang ada di alamat http://forlap.dikti.go.id/files/feeder.

Setelah mendapatkan aplikasi yang terdapat di link tersebut, maka aplikasi bisa diinstall di server Windows yang kita miliki.

Spesifikasi

Aplikasi Feeder ini dibuat dengan menggunakan PHP, yang mana untuk script nya sudah di-encode. Sehingga tidak bisa dibaca langsung script PHP tersebut, jika ingin membaca script tersebut maka perlu di-decode. Database dari Aplikasi Feeder ini sendiri merupakan database PostgreSQL.

Setidaknya ada 2 jenis database yang didapat ketika menggunakan aplikasi ini. Database pddikti dan juga database pddikti_sandbox.

Database pddikti pada PostgreSql digunakan untuk mode live. Database pddikti_sandbox digunakan untuk mode developer.

Mode Developer, Mode Live

Ketika kita sudah mampu login ke aplikasi feeder ini maka ada 2 mode ketika menggunakan aplikasi feeder ini.

Mode yang pertama adalah mode developer. Mode ini digunakan untuk melakukan percobaan ketika menggunakan aplikasi feeder ini. Baik dengan input langsung maupun dengan web service yang juga telah disediakan oleh aplikasi ini.

Mode yang kedua adalah mode live. Mode ini digunakan untuk menginputkan data yang nantinya akan disinkronkan dengan data yang ada di DIKTI. Mengingat hal tersebut maka ada baiknya lebih waspada ketika menggunakan mode live ini.

Proses Sinkron

Proses sinkron adalah proses untuk menyamakan antara data yang ada di lokal perguruan tinggi dengan data yang ada DIKTI. Dalam hal ini DIKTI tidak akan merubah data yang sudah ada tanpa ada mandat dari perguruan tinggi yang bersangkutan.

Menurut pengalaman, perlu waktu yang cukup lama untuk melakukan sinkron ini. Dalam setengah hari kadang hanya sampai 50% pelaporan. Maka bekerja dengan komputer yang diremote adalah hal yang cukup memudahkan.

Baca juga urutan cara melaporkan data nya di lama ini.

Baca juga tentang script feeder yang sudah diaplikasikan di sini.

Satu pemikiran pada “Feeder PDDIKTI. Sekilas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *